Selasa, 10 Januari 2023

FREKUENSI MOTIVASI BELAJAR DAN PENGARUHNYA DALAM PRESTASI

 FREKUENSI MOTIVASI BELAJAR DAN PENGARUHNYA DALAM PRESTASI

       Ternyata, Inilah 7 Manfaat Gemar Membaca Buku – http://www.kalderanews.com

      Motivasi berasal dari kata motif,atau dalam bahasa inggris adalah motive atau
motion, lalu motivation, yang berarti gerakan atau sesuatu yang bergerak, artinya yaitu sesuatu yang menggerakan terjadinya suatu tindakan dengan suatu niat tertentu.Motivasi merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri seseorang untuk berusaha melakukan perubahan dalam dirinya sendiri agar menjadi lebih baik dalam kehidupannya.

         

 Ada beberapa fungsi motivasi bagi seorang pelajar yaitu proses belajar akan berhasil ketika seorang siswa termotivasi atau memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar, adanya motivasi ini yang melekat pada diri seorang siswa akan memengarui tahap belajarnya dengan baik dan mereka akan mendapatkan prestasi dalam usaha mereka sendiri. Setiap orang tua wajib menumbuhkan motivasi dalam diri anak mereka masing-masing supaya anak-anak mereka menjadi lebih bersemangat dalama belajar,ini juga adalah tanggung jawab seorang guru karena mereka  orang tua siswa di lingkungan sekolah,nah guru wajib memberi motivasi dan semangat belajar kepada anak didiknya agar tidak bosan dalam melakukan pembelajaran dalam kelas.
       

 Motivasi dapat berfungsi memberikan pendorong usaha kepada seorang siswa untuk mencapai prestasi yang di inginkannya, motivasi itu di perlukan beberapa teknik untuk memunculkan motivasi yang di berikan. Teknik motivasi dapat di lakukan dengan beberapa cara yaitu: gunakanlah kaitan yang unik dan tidak pernah di duga oleh siswa, membuat siswa merasa ingin tau,pergunakanlah nilai ulangan sebagai pemicu sebuah keberhasilan, gunakanlah materi yang telah di pahami oleh siswa dengan sungguh-sungguh,agar lebih seru gunakan simulasi atau sebuah permainan yang unik,memberikan sebuah kesempatan untuk siswa untuk menunjukan kelebihannya di depan umum,memberitahu hasil kerja yang telah mereka capai dengan hasil mereka sendiri.
Selain itu motivasi memiliki ciri-ciri yang terdapat pada diri seorang siswa yaitu selalu tekun mengerjakan tugas dengan tepat waktu,sigap dalam menghadapi kesulitan yang sedang melandanya,lebih merasa senang bekerja sendiri,senang mencari atau memecahkan suatu masalah yang sedang ada,dapat mempertahankan pendapatnya dengan sebaik mungkin,apabila seorang pelajar memiliki ciri-ciri tersebut maka siswa itu selalu mendapatkan nilai yang baik dari guru yang telah memberikan tugas kepadanya.
       Kemudian ada beberapa faktor yang memengaruhi motivasi belajar seorang siswa, motivasi tidak akan dapat tumbuh dengan sendirinya tanpa ada dorongan dari orang lain begitu banyak faktor yang memengaruhi motivasi belajar.
Berikut adalah faktor-faktor yang memengaruhi motivasi belajar seorang siswa:

a.Faktor pengetahuan tentang kegunaan belajar                                   
b.Faktor kebutuhan akan belajar

c.Faktor kemampuan melakukan kegiatan belajar

d.Faktor kesenangan terhadap ide melakukan kegiatan belajar                                  

e.Faktor pelaksanaan kegiatan belajar
                                                                    
f.Faktor hasil belajar

g.Faktor kepuasan terhadap hasil belajar

h.Faktor karakteristik pribadi dan lingkungan terhadap proses pembuatan keputusan.

Nah faktor-faktor tersebutlah yang memengaruhi faktor belajar seorang siswa agar bisa mencapai prestasi yang di inginkanya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KATA - KATA MOTIVASI

Kata - kata motivasi banyak yang bisa membuat kita mempunyai semangat hidup, motivasi selalu bisa menghidupkan inspirasi kita dan jjuga bis...